Senin, 22 Desember 2008

1. Tentukan Lagu
Menetukan lagu apa yang akan kalian bawakan, pilihlah lagu yang sesuai dengan karakter Band. Memilih lagu sesuai dengan karakter band kalian tidak bisa sembarang memilih, sebaiknya bawakan saja lagu yang sering kalian mainkan untuk mempermudah di saat latihan ataupun manggung. Biasanya lagu yang sering di mainkan itu tiap personilnya telah memahami seluk-beluk lagu tersebut.

2. Pilih Nada / kord
Nada / kord lagu yang asli bisa kalian ganti dengan menyesuaikan jenis suara dari sang vokalis, apakah vokalis kalian termasuk orang yang memiliki suara dengan nada tinggi atau suara dengan nada rendah.

3. Latihan
Latihan perlu dilakukan untuk kelancaran bersama, mengubah kord asli dengan pilihan sendiri perlu kekompakan paling sedikit 3 personil (vokalis, gitaris & bassis). Untuk mencapai suatu kekompakan yang absolute paling tidak satu bulan sebelum hari-H melakukan latihan sebanyak ±2 jam setiap 2 harinya. Khusus untuk vokalis, latihannya jangan terlalu sering dan suara jangan terlalu dikeluarkan karena dapat menyebabkan suara hilang ataupun serak, keluarkan saja sepenuhnya nanti pas manggung. Jangan lupa minum sebelum bernyanyi.

4. Aransemen Lagu
Pekerjaan ini sangatlah memerlukan insting dan skil yang sangat besar dalam meng-aransemen sebuah lagu. Jika tak mampu bawakan saja sebagaimana biasanya. (Jangan maksain)

5. Pilih Kostum
Sedikit orang yang menganggap kostum itu penting. Dengan kostum kita dapat menunjang performance di atas panggung. Tapi ingat, jika salah memilih kostum bisa-bisa kita akan menjadi bahan tertawaan orang saja. Pilih dengan baik jangan melihat keren tidaknya kostum tersebut tapi lihatlah kesesuaian antara karakter band, lagu & event. Berikut beberapa band-band papan atas Indonesia yang memiliki ciri khas kostum : The Changcuters, J-Rock, Naif, Serious (Candil), Seventeen (dulu).


Sumber : My Brain

0 komentar:

 

blogger templates | Make Money Online